DREAM….LUCID DREAM

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pengertian tadi saya dapat dari wikipedia.

Tiga malam terakhir ini rasanya mimpi saya aneh. Saya tahu pada dasarnya mimpi itu memang aneh tapi kali ini lain. Lebih aneh, absurd dan entah kebetulan atau apa saya selalu memimpikan hal yang sama.  Sampai-sampai saya membuat sebuah catatan kecil tentang mimpi saya. Teman saya bilang kalau mimpi itu dasarnya adalah keinginan yang belum tersampaikan di kehidupan nyata. Tapi saya menolak untuk percaya dulu.

Mimpi malam pertama: Entah dalam setting apa saya bertemu ‘orang itu’. Saya agak-agak lupa tentang mimpi pertama ini karena saya belum begitu merasa aneh. Yang saya ingat, ‘orang itu’ meminta nomer HP. Katanya agar bisa menghubungi saya via aplikasi LINE.

Mimpi malam kedua: Saya tidak bermimpi ‘orang itu’. Saya bermimpi tentang teman dekat saya. Setting suatu tempat dekat warung fotocopy-an yang sering saya datangi. Waktu itu dia bersama ayahnya. Seingat saya dia sedang sibuk membangun sebuah warung bersama ayahnya.

Mimpi malam ketiga: Lagi-lagi saya bermimpi tentang ‘orang itu’. Setting disebuah pantai. Jangan berpikir yang tidak-tidak dulu karena ini sebuah pantai dimana ada sebuah pembangkit listrik disitu. Jadi tidak romantis sama sekali. Seingat saya saya punya peran sebagai ahli energi yang sedang bermain atau diundang ditempat itu. Saya bertemu dengan teman SD saya dulu dan ‘orang itu’. Entah apa hubungan ‘orang itu’ dengan teman saya. Saya dan ‘orang itu’ tetap saling diam tapi saling pandang dan melempar senyum.

Tiga malam, dua kali memimpikan sosok yang sama. Saya dengan segera cerita dengan 2 teman dekat saya. Obrolan kami sampai pada lucid dream yang pada awalnya saya tak tahu apa. Saya cari tahu tentang lucid dream di google. Dan agak kaget juga tenyata ada juga mimpi yang dapat dikendalikan.

Karena lucid dream tadi saya jadi ingin menuliskan mimpi yang saya alami.  Katanya, jika kita membuat sebuah journal mimpi maka lucid dream akan cepat terjadi. Hmmm. Saya jadi terobsesi dengan mimpi. Satu pesan teman saya ‘sebagus-bagusnya mimpi, dunia tetap akan lebih menarik’. Mungkin dia sudah pernah melakukan lucid dream barangkali.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

