PAHLAWAN

10 November. Hari pahlawan. Dan, saya menulis ini jm stengh 1 pagi. Entah kenapa saya jadi kerajingan menulis. Yah, sambil menemni insomnia sih.

Apa makna pahlawan? siapa mereka? Bagaimna cara menghargai mereka?

Pertanyan seperti itu sering muncul menjadi headline di berita-berita di televisi, koran nasional ataupun sekedar promosi di televisi. Jujur saja, saya bosan dengan wacana-wacana, berita-berita yang bertemakan pahlawan diulang-ulang setiap tahunnya.

Apakah 10 November hanya akan jadi hari peringatan saja tanpa implementasi nyata. Apakah tanggal pada tanggal 11  November nanti atau pada bulan depan atau 2 bulan setelah ini akankah kitaa kan tetap menghargai pahlawan? kalau iya, seharusnya besok-besok tak ada lagi berita kisruh papua, tak da lagi mahasiswa bentrok ketika demo, tak ada lagi kasus gayus atau semacamnya. Nyatanya bagaimana? mungkin pertanyaan ini harus ditujukan pada pribadi masing-masing.

Menurut saya pahlawan itu adalah ibu saya, ayah saya, kakak adik saya, Rasul dan para manusia-manusia dengan pribadi sederhana yang mempunyai kata-kata powerful, tindakan super tak biasa dan selalu tahan cobaan bertubi-tubi. Mereka jatuh berkali-kali tetapi bangun berkali-kali pula. Mereka adalah sumber belajar kita yang membuat kita malu jika membandingkan apa yang telah kita perbuat dengan apa yang telah mereka perbuat. Cara menghargainya adalah menjaga apa yang mereka perjuangkan. Bukan dengan menjadikan mereka sebagai objek berita, cari keuntungan sendiri kemudian mereka dilupakan.

Semoga hari pahlawan kali ini bisa membuat kita lebih dewasa dan setelah hari ini kita selalu ingat akan pahlawan-pahlawan kita.

NB:lagi kena insomnia. nggak bisa tidur

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

