Pertanyaan Mendasar

Tiba-tiba saja saya menjadi ragu akan masa depan yang menunggu saya. Setiap kali ada yang meminta surat bebas perpus karena sebentar lagi akan lulus, setiap kali itu juga saya mencoba menerka apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa yang sebentar lulus tadi. Apakah langsung ikut wawancara sana-sini agar mendapat pekerjaan atau melakukan hal-hal lain. Menjadi aktivis lingkungan misal atau mengabdikan diri di kampung halaman sebagai bentuk pengabdian diri ke masyarakat sambil menunggu waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan. Saya membayangkan banyak hal.
Saya menanyakan pada diri saya sendiri, apakah siap sebagai manusia penyandang gelar sarjana atau sarjana hanya kata tambahan saja? Apakah ilmu yang saya terima dibangku yang dianggap orang sebagi bangku orang-orang terdidik ini sudah cukup membentuk pola pikir dan membuat saya lebih bijak dalam memilih? Atau mungkin nanti saya kalah dengan waktu dengan cepat menuanya saya tetapi yang saya dapat adalah nol besar?
Dan mungkin ketika saya lulus, apakah saya akan keluar sebagai individu yang bisa membawa perubahan dimanapaun saya menetap nantinya? Apakah saya siap meninggalkan tempat lama saya dan berinterkasi dengan lingkungan baru? Dan yang paling mendasar, apakah saya siap atau bisa berubah nantinya?Perasaan takut dan ragu-ragu tadi berkutat sedemikian lama di kepala saya.

2 thoughts on “Pertanyaan Mendasar

  1. ahh, ini pertanyaan yang terus-terusan muncul di kepala aku juga. tapi kalo aku bukan takut & ragu sih, cuma belum kebayang aja.

    yang kepikiran sekarang sih lulus aja dulu, selanjutnya tanya sama hati & passion kita. nanti, biar Allah yang membimbing dan menyetujui kita harus ke mana dan menjadi apa 🙂

    yang jelas, siap tidak siap, kita harus selalu siap 🙂

  2. yang penting sih kamu punya tujuan mad.life map kamu ntar ke depan gimana.cita2 kamu apa.setelah itu,berusahalah sebaik2nya (klo sekarang sih berarti berperan sebaik2nya sbg mahasiswa) dan nanti Allah akan menunjukkan jalan habis lulus mau gimana.:-)

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

