CATATAN SAYA,MAHASISWA TAHUN KE-3

Tak terasa, seperempat dari tahun ke-3 saya sebagai mahasiswa sudah saya lewati. Sebentar lagi SKS sudah mencukupi untuk Kerja Praktek. Enaknya dimana ya??

Jadi mikir sekaligus membatin, apakah sudah banyak yang saya dapati selama duduk di bangku kuliah? saya jadi ragu untuk jawab ‘iya’. Saya merasa mendapat banyak ilmu dari lingkungan non ilmu kuliah, HMJ. Yup, saya merasa enjoy disini. Ternyata, kalau kita punya banyak orang yang dikenal saat kuliah, kehidupan kuliahpun akan terasa menyenangkan. Mereka memberi warna tersendiri bagi saya. Sedih dan senang terasa hal biasa disini. Mereka seperti pengantin bagi saya. Saya juga menemukan keindahan kebersamaan disini. Ah, cukuplah prolognya.

Dinamika kampus yang selalu berputar memang meninggalkan banyak cerita yang bakal menarik untuk dijadikan obrolan.

1. Dari killer sampai yang (teramat sangat)baik hati(sekali)

Jujur, menurut hemat saya tidak ada dosen yang killer dijurusan saya. Tidak ada yang menakutkan. Maksudnya, selama mengikuti perkuliahan, tidak ada dosen yang membuat saya tertekan dalam kelas(yang menekan saya adalah rasa kantuk yang akut). Tidak ada yang menerapkan aturan ini itu selama perkuliahan. Tapi kalau masalah nilai ujian, ada yang sangat killer. Ambil contoh, Mekanika Fluida 1. Nilai paling tinggi untuk mata kuliah ini adalah C dan beruntungnya saya adalah salah satu mahasiswa yang lulus mata kuliah ini. :D. Tapi, seperti saya bilang diawal, ini merupakan warna(atau mungkin pelangi) bagi saya. Kalau kuliah lancar-lancar saja rasanya juga jenuh. Sedikit ‘ledakan’ itu perlu.

Ada juga mata kuliah dengan nilai yang cenderung gampang untuk mendapat nilai A. Saya ambilkan contoh, Fisika Dasar(1 & 2). Bukan cuma murah nilai, dosen pengampunya juga sering berbagi cerita menarik ketika kuliah(salah satu hal yang menahan kantuk saya). Sangat jelas terlihat, sang dosen suka baca buku. Pengetahuan umumnya jempolan lah menurut saya.

2. Idelais vs Apatis

Suatu fenomena yang sering kita temui memang kalau mengenai masalah apatis dan idealis. Entah sumber dari mana mereka bisa mencap seseorang sebagai kaum apatis atau idealis. Dan sangat sering mereka mengutarakan kelejekan sang lawan, apatis menjelekan idealis dan yang idealis mengatai-ngatai yang apatis. Banyak alasan mereka utarakan dan saya sangat sering jadi ladang curhat.

Saya sering berandai-andai, bagaimana kedua kelompok ini ditemukan dalam suatu forum tersendiri dan kita persilahkan mereka  untuk saling beradu. Tak terbayangkan betapa gemparnya kampus nantinya. Sayangnya, perang dingin mereka ini tidak pernah terpampang secara terbuka. Lebih sering mereka beradu mulut di jejaring sosial semisal FB(entah ada atau tidak di twitter). Tapi, dengan adanya mereka, kampus ini semakin mempunyai warna. Warna yang indah dan menarik.

3. Manajemen Waktu

Entah ada yang salah atau tidak, tapi peng-asrama-an diri saya selama 6 tahun terasa begitu hambar ketika keluar dari lingkungan sekolah. Ya, mengaturan waktu yang rapi sangat sulit diterapkan. Berbeda dengan di asrama dulu dimana semua jadwal sudah terjadwal sedemikian rapi. Dan, perbedaan ini memaksa saya untuk belajar mengatur waktu lebih baik dan bijak. Pelajarannya: memanajeman waktu itu gampang gampang susah.

4. Insomnia

Akibat dari manajemen waktu yang buruk adalah malamnya pasti tidak bisa tidur. Kepikiran ini itu. Macam-macam pokoknya. Tugas kuliah yang tak kunjung kelar(dan sering tidak tertumpuk), kegiatan HMJ yang numpuk adalah dua dari sekian penyebabnya(biasanya). Dipastikan malamnya saya langsung tidak bisa tidur cepat. Tapi bagusnya, dengan ditemani insomnia, muncullah tulisan di blog ini. 😀

4 thoughts on “CATATAN SAYA,MAHASISWA TAHUN KE-3

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

