BERSYUKUR DENGAN BERKACA

Wah, ternyata blog ini sudah jarang dikunjungi bahkan oleh pemiliknya sekalipun. Parah. Soalnya kampus lagi sibuk-sibuknya dan membuat jadwal agar semua kegiatan mendapat porsi waktu yang tepat ternyata tidak mudah. Apalagi, sebentar lagi praktikum sudah mau mulai ditambah mading yang belum keisi padahal udah lewat waktu deadlinenya. Jadilah blog ini sebagai korbannya, termasuk juga saya yang sempat tepar selama 3 hari.

Ok. Salah satu kegiatan yang saya maksudkan diatas adalah menyelesaiakan salah satu tugas dosen yang lagi menyelesaiakan S3 di UGM tapi saya tidak akan menceritakan tugas apa itu melainkan sebuah hal menarik ketika saya melakukan perjalanan ke rumah beliau.

Kala itu sore, senin sore. Kami yang beranggotakan 4 mahasiswa mendapat pesan singkat untuk ke rumah salah seorang dosen di jurusan saya. Kami berangkat setelah hujan reda. Eh, tentang hujan, keliatannya akhir-akhir begitu gampang ditebak kapan hujan akan turun dan sore menjelang jam 4 adalah waktu terfavorit hujan untuk menangisi keadaan bumi. Dan hujan juga merupakan salah satu alasan kenapa kegiatan begitu penuh bulan ini.

Ok. Kembali ke tugas tadi. Di perjalanan. Eh, tepatnya disebuah perempatan,  saya sedang melihat seorang bapak. Terlihat dari uban yang lebat dan keriput, beliau sudah berumur 50 tahunan kira-kira. Beliau sedang berusaha menyeberang jalan sambil membawa barang dagangannya.

Bapak tadi menjadi kaca bagi saya kala itu. Saya sering mengeluh dan jarang mensyukuri akan apa yang saya dapat selama ini. Entah berapa banyak hal yang saya dapati tetapi diri ini selalu mencari sesuatu yang belum dipunyai. Entah berapa banyak hal yang saya miliki tetapi diri ini menganggap hal tersebut merupakan sesuatu yang sering didapat orang pada umunya. Jadi malu sendiri pada bapak tadi. Jadi ingat kata-kata bijak “be thankful about what you have. You’ll end up having more…if you concentrate on what you don’t have, you will never ever have enough”. Pembelajarannya, berkaca dengan orang lain merupakan salah satu cara terbaik untuk berbenah diri dan bersyukur.:D

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

