Tidur

Ok. Hari ini begitu cerah. Tanggal 20 maret 2010
Saya hanya berusaha untuk mencari kesibukan baru. Seraya melupakan masa lalu. Kalau tidak saya akan terus merasa pilu jika mengingat tentang hal itu(privasi).
Ok kembali ke kesibukan tadi. Tapi sebelumnya saya ingin bertanya apakah anda sering merasa mengantuk setelah anda melakukan ibadah solat shubuh(bagi yang menjalankan). Saya tidak tahu apa jawaban anda walaupun di dalam hati saya mencoba menebak tetapi bila anda menanyakan hal itu kepada saya, dengan yakin saya akan menjawab SERING. Hal ini mungkin disebabkan karena tidur kita tidak berkualitas.
Seperti yang saya bilang tadi, saya mencoba menemukan kesibukan baru. Salah satunya membaca buku. Suatu hari saya menemukan sebuah buku. Buku yang saya temukan ketika saya sedang rapat di sekre ormawa yang saya ikuti. Buku tentang bagaimana seharusnya belajar mengacu pada kebiasaan nabi dan para salaf. Judulya PROPHETIC LEARNING
Di salah satu bab saya membaca tentang tidur. Banyak ahli percaya bahwa tidur merupakan cara yang tepat yang dapat memulihkan stamina tubuh,memberikan ketenangan, memulihkan fungsi otak dll. Tetapi tidur dengan porsi banyak belum tentu baik. Tidur akan menjadi berkualitas jika kita melakukan hal-hal dibawah ini sebelum tidur.
1. Berwudhu sebelum tidur. Dari bara’ bin azib radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasullulah bersabda”apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah terlebih dahulu seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada pinggangmu yang kanandan bacalah doa”(HR BUKHARI-MUSLIM)
2. Rebahkan badan dalam keadaan rileks dengan berbaring atau terlentang pada pinggang kanan.
3. Iringi dengan doa
Oia,satu lagi. Setelah shubuh disarankan jangan tidur kembali karena dapat menyebabkan kantuk.
Smoga dapat bemanfaat.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

